Galeri Foto

Ketua IKJR Riau Sukiman Hadiri Pengukuhan DPC IKJR  Kandis, Sekaligus HUT IKJR Siak ke 17

Kilasriau.com -  KETUA DPD Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Provinsi Riau, H Sukiman yang juga Bupati Rokan Hulu menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC IKJR Kecamatan Kandis, hingga ranting. Acara tersebut dirangkai dalam peringatan hari jadi DPD IKJR Kabupaten Siak ke 17, Ahad (26/2).

Ketua DPC IKJR Kecamatan Kandis, Dr. Edi Haryono SE MM dalam sambutannya menyampaikan diitengah kesibukan aktifitas di dunia pendidikan, dirinya masih mau membagi waktu untuk mengurus organisasi masyarakat IKJR.

Dirinya beralasan berkecimpung sebagai Ketua IKJR Kecamatan Kandis selain sebagai tanah kelahirannya, juga faktor keluarga dan kerabat yang ada disana.

"Kecamatan Kandis ini merupakan tanah kelahiran saya, jadi banyak Paklek-paklek saya, pakde-pakde saya. Hal ini menjadi pendorong saya mau mengurus Ormas IKJR Kecamatan  Kandis ini," kata pria yang juga aktif sebagai Rektor Institut EHMRI Kandis.

Dirinya berkomitmen membawa IKJR sampai ke pelosok, keberadaan IKJR bisa berdampak positif buat masyarakat sebagai wadah menyuarakan kebutuhan masyarakat.

Kedepan dia juga akan membangun sinergi program kampus Institut EHMRI dengan program kerja IKJR. Seperti yang telah digulirkan tahun ini oleh Institut EHMRI berupa dana beasiswa sebesar Rp50 juta untuk anak masyarakat per desa dan kelurahan di Kecamatan Kandis, nantinya pelaksanaan akan dilakukan oleh IKJR.

Pada kesempatan tersebut, juga dilangsungkan pelantikan pengurus Ranting IKJR oleh Ketua DPC IKJR Kecamatan Kandis. Dirinya berpesan kepada pengurus di desa dan kelurahan agar bisa mengibarkan bendera IKJR, sehingga keberadaan IKJR semakin diketahui khalayak ramai.

Dalam arahannya Ketua DPD IKJR Provinsi Riau, H Sukiman mengucapkan selamat kepada pengurus DPC dan Ranting IKJR Kecamatan Kandis yang telah dikukuhkan. Bupati Rohul ini juga mengucapkan selamat atas Hari Jadi ke 17 IKJR Kecamatan Siak, dan pengukuhan Pengurus DPC IKJR Kandis, serta ranting IKJR.

"Ulang Tahun IKJR Siak yang ke 17 tahun, ini menandakan eksistensi di tengah-tengah masyarakat. Mustahil ada ulang tahun kalau organisasinya tidak eksis. Atas nama pribadi dan Ketua DPD IKJR Riau saya mengucapkan selamat Ulang Tahun DPD IKJR Siak, dan pengukuhan pengurus DPC Kecamatan Kandis, dan Ranting IKJR," kata Sukiman.

Sukiman berharap, momen Ulang Tahun dan Pengukuhan Pengurus DPC dan Ranting IKJR tersebut, membawa kekompakan dan bersatu antara pengurus dan anggota. Dia berharap pengurus IKJR memberi kontribusi positif bagi warga IKJR dan masyarakat secara umum.

Sukiman menerangkan selama kurun waktu 3 tahun IKJR Kabupaten Siak berdasarkan pemantauan nya, ada beberapa hal yang telah dilaksanakan yang bersifat positif dan ikut memberikan sumbangsih terhadap keberadaan organisasi dan kerukunan, persatuan, serta kekompakan baik antar warga IKJR maupun sesama warga paguyuban, dan masyarakat secara keseluruhan di Kabupaten Siak.

"Tema yang dapat dipakai sebagai Motto DPD IKJR Siak pada Raker IKJR tahun 2022 lalu, berbunyi 'Guyub Rukun Sak Walase' yang berarti kumpul akrab selamanya. Singkat tapi bermuatan kuat untuk bersatu tanpa batas waktu yang ditujukan kepada pengurus dan anggota IKJR secara keseluruhan," ujar Sukiman.

Kemudian, sambung Bupati Rohul 2 periode ini adanya perkumpulan antar beberapa Paguyuban yang disebut dengan sedulur Siak, terdiri dari IKJR Jahi Maja Kuning, Maisuri dan perkumpulan Nagapak. Dalam rangka menguatkan keberadaan IKJR di antara masyarakat lain yang berada di Kabupaten Siak.

"Sehingga jika ini berjalan dengan baik, singkatan Jawa yang pernah diartikan bebas jiwanya akan wariskan Akhlakul Karimah. Karena banyak warga kita Jawa mengembangkan dan mewariskan ajaran Wali Songo ke Sumatera akan kenyataanya. Jika jiwa anggota IKJR sudah baik, maka akan diikuti karya yang baik, sehingga memberikan manfaat yang disenangi banyak orang.

Apalagi, sambung Sukiman berdasarkan data penduduk suku dan etnis Jawa lebih kurang 29 persen dari jumlah penduduk Siak tentu akan dapat memberikan warna sekaligus sumbangsih besar daalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Siak, Negeri Istana.

"Melalui kesempatan yang baik ini, besar harapan kami dukungan pak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Siak dalam binaan dan bimbingannya untuk kemajuan DPC IKJR Siak di masa akan datang," jelas Sukiman.

Seperti diketahui, Ketua DPD IKJR Provinsi Riau H Sukiman mulai membangun Ormas IKJR dimulai dari bawah atau sewaktu menjabat sebagai Wakil Bupati Rohul sekitar tahun 2006 lalu. Waktu itu H Sukiman menduduki posisi Ketua IKJR Kabupaten Rohul.

Berkat kepiawaiannya, ditambah lagi memiliki latar belakang sebagai prajurit TNI, H Sukiman yang pernah menduduki jabatan Dandim Inhil kembali terpilih sebagai Wakil Bupati Rohul kedua kalinya. Dan diberikan amanah sebagai Bupati dua periode. Di tubuh IKJR H Sukiman sukses menyatukan warga IKJR, sehingga ia terpilih sebagai orang nomor satu di tubuh DPD IKJR Provinsi Riau.***